Agus Zainal Arifin

r.i.h.l.a.h

Shalat di pesawat dari Jepang ke AS

1 Comment

Februari 2005 lalu, saat menghadiri conference di San Diego, California, yang gubernurnya om Arnold itu, saya berangkat dari Kansai Airport di Osaka pagi, transit sebentar di Seoul, terus berangkat ke AS, tapi ternyata sampai di Los Angeles masih pagi juga, lucunya, hari itu adalah hari yang sama (dengan berangkat).
Aneh memang, sebab perjalan itu melewati garis waktu yang membedakan tanggal di wilayah sebelah kiri dan kanan garis itu, saat di Samudera Pasifik.

Yang jadi pembahasan adalah saat pesawat terbang menuju timur itu, maka suasana pagi dengan cepat berubah menjadi siang, dan tiba-tiba saja sudah malam. Beberapa jam kemudian sdh pagi lagi. Bagaimana nih shalatnya ? Apakah ketemu pagi 2x ini, mengharuskan shalat 10 waktu untuk sehari ?

Sebaliknya ketika pulang dari AS ke Jepang, justru tidak ketemu hari Jumat, sebab berangkat dari AS Kamis malam, sampai di Jepang, Sabtu siang. Hari Jumatnya tidak ada. Pagi lama sekali datangnya, bahkan hampir seharian itu malam terus. Apakah pada kondisi begini shalatnya cukup Isya saja ? sementara 12 jam telah berlalu ?

Dalam kitab Iqna halaman 96
روى مسلم عن النواس بن سمعان قال: {ذكر رسول الله صلى الله عليه وسلم الدجال ولبثه في الأرض أربعين يوما يوم كسنة ويوم كشهر ويوم كجمعة وسائر أيامه كأيامكم. قلنا: فذلك اليوم الذي كسنة يكفينا فيه صلاة يوم؟ قال لا اقدروا له قدره}
Sebuah hadits yang dicatat Imam Muslim.
Rasulullah SAW pernah bercerita tentang Dajjal yang tinggal di bumi selama 40 hari. Tapi hari-hari itu intervalnya tidak biasa, sebab ada hari yang panjangnya setahun, ada yang sebulan, dan ada yg seminggu, dan hari2 itu seperti hari2mu. Para shahabat bertanya, kalau hari itu panjangnya setahun, apakah selama 40 hari itu kita cukup shalat sehari saja (hanya 5x) ? Rasulullah SAW menjawab : Tidak, namun hitunglah kadar waktunya.

Jadi bagi yang akan bepergian ke arah yang mengubah waktu secara drastis begitu, jangan lupa tabel jadwal shalat, perkirakanlah jam berapa harus shalat apa, sesuai tabel itu, sebagaimana biasanya.

Ingin download kitab Al-Iqna ? http://www.almeshkat.net/books/archive/books/aleknaaa.zip

Advertisements

One thought on “Shalat di pesawat dari Jepang ke AS

  1. Ass. Wr.Wb.
    saya shenny, saya saat ini sedang dalam perjalanan menuju califronia dan ingin tahu dimana saya bisa mendapatkan jadwal shalat yang sesuai dengan waktu setempat. Karena saya sudah coba cari tetapi tidak mendapatkan tabel jadwal shalat di california.
    atas perhatian dan responnya saya ucapkan terima kasih

    Wassalam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s