Agus Zainal Arifin

r.i.h.l.a.h

Luput atau dapat itu sudah sesuai skenario

Leave a comment

Seorang ibu rumah tangga duduk bersama pembantunya menonton sebuah film. Tapi ibu tadi sdh pengalaman nonton berbagai film, sangat berbeda dg si pembantu yang baru datang dari udik, dan baru akhir2 ini saja menonton film2 bagus.

Karena kualitas filmnya bagus, seringkali pembantu itu ngakak sambil tepuk tangan, kalau lakonnya menang atau kejar-kejaran dan berhasil. Dan juga sering menangis tersedu2 kalau lakon pujaannya dikalahkan. Serta menjadi marah-marah luar biasa melihat kegarangan si bajingan.

Sangat berbeda dengan majikannya, yang berkali-kali tersenyum (meskipun saat pembantu menangis). Dia tersenyum, sambil hatinya memuji-muji sang sutradara. Betapa hebatnya sang sutradara yang mengatur cerita itu, menata setting gambarnya, memilih artis pemerannya. Dia juga memuji kehebatan action tokoh2 pemeran yang berhasil membuat pembantunya berjingkrak, nangis, dan marah itu.

Lebih-lebih lagi, bila tadinya si ibu pernah menonton film tersebut berkali-kali. Sudah pasti tak kan ada sedikitpun luapan emosi. Sudah tau, habis apa akan ada apa.

Demikianlah perbedaan orang yang mengetahui betul skenario Tuhan dengan yang lain. Segala kejadian tak kan ditanggapinya dengan sedih berlebihan. Sebab, walaupun kelihatan menyedihkan, namun sebelum terjadinya hal menyedihkan itu, rencana atau skenario pelaksanaannya kan sdh terjadwal rapi.
Demikian pula, segala keberhasilan, tak kan ditanggapinya dengan luapan gembira berlebihan apalagi muncul kesombongan. Sebab walau nampaknya sebab keberhasilan itu melalui usahanya, namun sutradaralah yang mengatakan pada tanggal dan jam tersebut, keberhasilan itu akan tercapai.

Karena itulah dalam QS AlHadid 22, disebutkan:
Tiada suatu mushibahpun baik di muka bumi, maupun di dlm dirimu sendiri, yang tidak tertulis dalam Lauh Mahfuzh. Tulisan itu sdh ada sebelum Kami menciptakannya. Sesungguhnya yang beginian ini mudah bagi Allah.

Coba tebak mengapa kita diberi tahu info ini???

Jwbnya ada di ayat berikutnya.
Biar kalian tidak sedih terhadap apa yang luput (padahal sdh dikejar2), dan juga biar kamu jangan terlalu gembira (sok) terhadap apa yang diberikan-Nya kepadamu. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang sombong lagi membanggakan diri.

Artinya… Diuber setengah matipun, kalau di LM (Lauh Mahfudh) tertulis bukan untuknya, maka PASTI tak kan bisa didapet. Walaupun jaraknya tingggal serambut. Soalnya mmg bukan bagiannya. Nah inilah sebabnya kenapa tidak perlu disesali.

Sebaliknya Sekalipun gak dicari (yah normalnya sih musti nyari), tapi kalau di LM, hal itu sdh jadi bagian kita, yah PASTI akan kita dapet. Makanya kalau sdh dapet jangan sombong, sok, dsb. Sebab yg kau dapet itu, sdh sesuai skenario

Bahkan umpama (sekali lagi umpama) berhasil diperoleh, pdhal tidak pas (menurut Tuhan) yah… mungkin gara-gara itu akan luput dari mendapatkan suatu nikmat besar (yg mestinya jadi jatahnya), atau bahkan memperoleh musibah lain yg sedahsyat apa tidak ada yang tau.
Justru seharusnya ber-husnudh-dhon, bersangka baik ke Tuhan.
Tuhan berfirman (Hadits Qudsi), Ana inda dhonni abdi bii… Aku ikuti dugaan hambaKu terhadapKu
Kalau menduga Tuhan baik, ya dibaik-i, kalau menduga Tuhan itu jahat, ya dijahat-i, begitu lah gampangnya.
Yang enak berpeganglah: “Tuhanku itu Tuhan Yang selalu Baik”.Titik.

Sudahlah jangan terlalu sedih… wadulno ae… laporkan saja… semuanya ke Tuhan. Mohonlah bantuanNya.

Dan….
Yang lagi sukses, please jangan berlebihan bangganya, apalagi tergelincir ke sombong. Akuilah semuanya itu karunia dari Tuhan. Seperti kesuksesan N. Sulaiman AS di bidang ilmu metalurgi (melunakkan besi), biologi (berkomunikasi dengan hewan dan tumbuhan), metafisik (menyuruh2 jin), politik (kekuasaannya luas), dsb. Beliau mengkomentarinya, Hadza min Fadli Rabbi, ini semua adalah karunia Tuhanku.

Mudah dikatakan, namun sulit diamalkan bukan…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s