Agus Zainal Arifin

r.i.h.l.a.h

YAKINKAH

1 Comment

Frase Yakin nampaknya kurang begitu familiar dibanding frase Iman. Padahal apabila “yakin” ini sudah bersemayam di hati seseorang, maka berubahlah segala yang ghoib menjadi nyata. Dan pada saat itulah dia akan mampu berucap seperti Sayyidina Ali Karramallahu Wajhah, yakni “Lau kusyifal ghithaau mazdadtu yaqiinan”, seandainya tabir kegaiban disingkapkan bagiku, takkan bertambah keyakinanku. Ini menunjukkan bahwa keimanan beliau terhadap hal ghaib (alam kubur, surga, neraka, malaikat, dll) telah mencapai puncaknya, sudah 100%, sehingga tidak dibutuhkan lagi adanya bukti dengan menunjukkan secara riil benda maupun alam tersebut. Bahkan seandainya bukti tadi nampak nyatapun, tak kan menaikkannya hingga 101% apalagi 200%.

Bisa dipahami bahwa yakin adalah iman yang sudah sangat kuat, konsisten, kokoh bak batu karang terjal yang tak kan goyah oleh goncangan apapun. Keraguan atau kebimbangan tak kan mampu menyentuh hati orang yang yakin. Karena itulah, setanpun tak mampu mendekati si pemilik yakin ini, bahkan dia akan lari terbirit-birit bila bertemu di jalan. Rasulullah SAW pernah bersabda “Innasy syaithana layufarriqu min dhilli Umar, wama salaka Umara fajjan illa salakasy syaithanu fajjan aakhar”. Sesungguhnya setan selalu menghindar dari bayangan Sayyidina Umar. Kalau S. Umar melewati suatu jalan, maka setan akan memilih jalan yang lain. Ungkapan ini bukan hanya ilustrasi perumpamaan, namun juga kondisi riil atas ketakutan setan kepada beliau.  Pokok masalah yang perlu dibahas adalah bagaimana memupuk keyakinan itu. Sayyid Abdulllah bin Alwi Al-Haddad, mengekstrak 3 steps berikut:

  1. Seseorang hendaknya mengajak hati dan telinganya mendengar ayat suci AlQuran dan petuah-petuah yang menunjukkan keagungan Allah SWT, kesempurnaanNya, kekuasaanNya, dan perbedaan antara Khalik dengan makhluk. Juga tentang Rasul utusanNya, pribadinya yang sempurna, dan mukjizatnya. Juga tentang reward and punishment untuk yang taat dan yang durhaka, pada hari akhr nanti. Dalam AlQuran disebutkan QS 29:51 “Awalam yakfihim anna anzalnaa alaikal kitaaba yutla alaihim”, kurang cukupkah bagi mereka bahwa Kami telah turunkan padamu Al Kitab (Al Quran) sedang dia dibacakan kepada mereka?.
  2. Memperhatikan kekuasaan Allah di langit dan di bumi, berbagai keajaiban alam, dan sunnatullah atau yang biasa disebut hukum alam, beserta keindahan di dalamnya. QS 41:53 “Sanuriihim aayaatinaa fil aafaaqi wafii anfushim hatta yatabayyana lahum anahul haq”, Kami akan perlihatkan pada mereka kekuasaan Kami di bumi dan di dalam diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar.
  3. Mengamalkan segala yang telah diimaninya, baik amalan lahir (fisik) maupun batin (hati) sekuat tenaga. QS 29:69 “Walladziina jaahadu fiina lanahdiyannahum subulana”, Dan orang-orang yang bersungguh-sungguh untuk (mencari keridhaan) Kami, pasti akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami.

Demianlah 3 steps yang Insya Allah dapat kita ringkas menjadi :

STUDI – OBSERVASI – IMPLEMENTASI.

Jangan berhenti di studi saja, sebab ilmu tersebut menunggu diamalkan. Jangan pula melulu observasi tanpa mengetahui literatur agama dari para ulama dan kitab-kitabnya. Bagi ahli implementasi (abiduun), mari sempurnakan kualitas dengan menambah review ilmu agama dan bertafakkur.

 

Buah dari keyakinan ini adalah ketenangan hati terhadap janji Allah SWT, optimis dalam menghadapi kehidupan, hingga lega dalam mengerahkan segala kemampuan untuk menggapai Ridla Allah SWT.Referensi: Risalatul muaawanah wal mudhaaharah wal muaazarah         Hiroshima, 2 Maret 2006Wassalam

Agus

Advertisements

One thought on “YAKINKAH

  1. Alhamdulillah, terima kasih Pak Agus.

    Terkadang ketika semangat implementasi begitu menggebu, intruder ‘sudahkah berilmu dengan benar’ seakan menggembosi. Jika studi dan observasi sedang digalakkan, seakan intruder ‘lelah dan lemah’ terus menyerang.

    InsyaAllah, sedikit-sedikit ketiga steps ini akan saya kerjakan. Mulai sekarang. Jazakumullah khoiron katsiro.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s