Agus Zainal Arifin

r.i.h.l.a.h

Mendaftar TK di Hiroshima

2 Comments

Di Higashi Hiroshima ini ada 2 TK negeri, yakni Hachihonmatsu (150 siswa) dan Misonou (70 siswa). Karena peminatnya banyak, maka dari yg mendaftar akan diundi. Pendaftaran dimulai Nopember, yakni mengambil formulir di Shiyakuso bagian anak2, tapi tempatnya bukan di City Office ini, melainkan di belakang Youmi Town, yakni gedungnya PDAMnya Saijo. Nah, dari situ dikasih formulir satu, untuk mendaftar di salah satu TK tersebut, tidak bisa dua-duanya. Untuk kesana harus menunjukkan surat tanda penduduk, minimal Hoken. Syarat pendaftarannya nanti adalah membawa formulir tadi itu dan surat keterangan penduduk (Jyuminhyou) untuk orang asing (gaikokujinyou) dari City Office bagian Shiminka.
Saat mendaftar (5-6 Desember), anak juga harus dibawa ke sekolah TK itu. Kemudian diberi nomor urut pendaftaran (misal 37) yg tertulis di surat bukti pendaftaran itu. Surat bukti ini nanti dibawa saat acara pengundian, 14 Desember di TK yg dituju.
Urutan acaranya:
– Kita datang ke TK, langsung menuju aula, disambut uketsuke (penerima tamu) untuk mengisi daftar hadir.
– Di dalam aula duduknya di lantai (dingin), dg urutan duduk dari nomor kecil di depan hingga ke belakang 1-20. Di sebelah kirinya urutan 21-40, 41-60, dst. duduk berurut sesuai nomor. Di lantai tidak ada nomornya, jadi perlu tanya ke orang yg sdh duduk di sana, kita ada di depan ataukah di belakangnya.
– Setelah persiapan undian selesai, tiap kelompok (20 orang) berdiri (tentu saja nomornya sdh urut dari depan), maju ke depan ambil nomor undian (dari kotak tertutup). Yg tadinya dapat no pendaftaran 37, mungkin sekarang jadi 30, terus mencari ke urutan yang sesuai (kalau 30 berarti di kelompok 21-40).
– Ketika semua sdh mendapat nomor undian, maka dari kelompok 20 pertama maju, mengambil nomor lagi. Nomor inilah yg menentukan diterima atau tidaknya. Sebab daya tampung 70 siswa, pendaftarnya 85, jadi kalau dapat nomor 1-70, berarti keterima.
– Yang diterima diberi formulir untuk daftar ulang nanti tanggal 12 Februari. Sebelum pulang ngisi formulir pesanan alat-alat sekolah. Ada sejumlah alat sekolah yg harus dibeli. Kalau sdh punya salah satu alat itu, maka tidak perlu membeli lagi. Tapi kalau ingin agar anak memakai barang yang baru-baru saja, atau dari pada repot2 memilih, maka sebaiknya dibeli saja semua. Total harganya 3.495 yen + 1.540 yen. Sebab jangan sampai ada barang yg tidak dipesan tapi ternyata di rumah tidak punya, nanti kasihan ke anaknya kalau di kelas.
Uang pangkal 5.000 yen, SPP per bln 6.100 yen, kalau tahun 1994, SPP itu 5.900 yen, bayar busnya per bulan 4.000 yen. Antar jemput dengan bus, bisa dipesan saat daftar ulang nanti. TK sendiri menyarankan agar sebisa mungkin siswa naik bus saja, mungkin koordinasinya jadi lebih mudah. Bus ini akan berhenti di beberapa halte yang sdh ditunjuk, tinggal dipilih saja halte mana yang paling dekat dengan rumah.

Advertisements

2 thoughts on “Mendaftar TK di Hiroshima

  1. wah rumit sekali ternyata mendaftar TK..
    coba kalo di Indonesia.sangat2 mudah sekali..
    tinggal bayar dan selesai..

  2. mampir ,baca-baca sobat, thanks
    salam 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s