Agus Zainal Arifin

r.i.h.l.a.h

Zuhud

Leave a comment

Zuhud itu diartikan sebagai perintah “tinggal seneng dunyo”. Menghindarkan diri dari cinta dunia. Sekilas makna ini seakan-akan mengajak ummat Islam tidak usah jadi kaya atau disuruh menjauhi duniawi. Padahal perintah itu sebaliknya.

Masak Sebaliknya?????

Ya… pengartiannya bukanlah jangan kaya, tapi sebaliknya.
Kalau kita bisa mengatakan bahwa “yang ditangan kita” tidak ada apa-apanya dibanding yang berada di sisi Allah (pahala/sorga), itu berarti ada yg kita nisbahkan dengan “yang di tangan kita” itu. Ada benda yang sedang dibahas, dan benda itu jelas sudah berada di tangan. Nah… kalau yg di tangan itu tadi masih belum ada, berarti bukan zuhud tapi memang nol besar.

Nah… Adakan dulu barangnya baru kita bisa zuhud ke benda itu.

Tapi chotto matte, tunggu sebentar…. jangan dikira dalam mengadakan si benda itu tidak juga butuh properti zuhud ini, sebab proses pencarian harta (baca: duit) justru terlalu banyak godaannya. Kita sering digoda sesuatu agar kita mengambil yang haram, terbisikkan di telinga kita “haram-haram sedikit tidak apa-apa”, “cari yg haram saja sulit, apalagi yg halal”, dan berbagai macam bisikan jahat lainnya.

Nah disitulah zuhud juga berperan, waktu dihadapkan pada pilihan spt itu, ajaklah bicara si duit haram tadi, katakan bahwa “nilai”nya tidak seberapa dibanding ganjaran pahala di sisi Allah.

Bagi yang memang cinta dunia, maka pasti akan mengalahkan pendirian imannya, tapi bila memang tidak mengutamakan dunia, maka dia akan menang dalam pertempuran nafsu itu. Karena itulah, disebutkan dalam AlQuran. “Fa amma man thagha, wa atsaral hayatad dunya, fainnal jahima hiyal ma’wa”.(79:37-39) Adapun orang yang melampaui batas, dan lebih mengutamakan kehidupan dunia, maka sesungguhnya neraka Jahimlah tempat tinggal(nya).

Jadi…. Memiliki harta boleh, tapi mencintainya tidak boleh. Mudah dikatakan tapi sulit dilakukan bukan?

Hiroshima, 26 April 2005
Agus

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s